Makalah Proses Manajemen Strategik dan Keberhasilan Usaha
(Elwis dan Vionie)
Proses manajemen strategis terdiri dari tiga tahapan, yaitu :
a. Perumusan Strategi (Strategy Formulation)
b. Implementasi Strategi (Strategy Implemented)
c. Evaluasi Strategi (Strategy Evaluation)
Tujuan Manajemen Strategi
1. Memberikan arah pencapaian tujuan organisasi/perusahaan
2. Membantu memikirkan kepentingan berbagai pihak.
3. Mengantisipasi setiap perubahan kembali secara merata.
4. Berhubungan dengan efisiensi dan efektivitas.
Keberhasilan Usaha
Keberhasilan usaha atau bisnis suatu perusahaan merupakan keberhasilan perusahaan dalam menghadapi persaingan pasar. Keberhasilan usaha dapat dilihat dari sisi kuantitatif dan sisi kualitatif. Dari sisi kuantitatif umumnya berkaitandengan keuangan atau fiansial seperti paten,reputasi, dan kecepatan pengembangan produk. Kedua kriteria keberhasilan usaha ini sering diperguanakan suatu perusahaan untuk mengetahui perkembangan keberhasilan usaha perusahaan tersebut.
Kriteria keberhasilanusaha dari sisi keuangan atau finansial suatu perusahaan antaralain dapat berupa :
1. Pertumbuhan penjualan (sales growth)
2. Rasio keuntungan dengan modal (return on invested capital)
3. Rasio keuntungan dengan ekuitas (return on equity)
4. Rasio keuntungan dengan asset (return on assets)
5. Rasio keuntungan dengan penjualan(return on sales)
6. Penjualan per karyawan (sales employee)
7. Perputaran persediaan (inventory turnover)
8. Perputaran piutang (account receivable turnover)
9. Rasio utang (debt ratio)
10. Penghematan biaya (cost reduction)
Kriteria keberhasilan usaha dari sisi nonfinansial suatu perusahaan antara lain
1 kepuasaan pelanggan
2 Keluhan pelanggan
3 Retensi pelaggan
4 Pengembalian produk
5 Kualitas atau mutu produk
6 Paten
7 Reputasi
8 Produk baru yang masuk pasar (new product released)
9 Kecepatan pengembangan produk
10 Employee turnover
(Elwis dan Vionie)
Proses manajemen strategis terdiri dari tiga tahapan, yaitu :
a. Perumusan Strategi (Strategy Formulation)
b. Implementasi Strategi (Strategy Implemented)
c. Evaluasi Strategi (Strategy Evaluation)
Tujuan Manajemen Strategi
1. Memberikan arah pencapaian tujuan organisasi/perusahaan
2. Membantu memikirkan kepentingan berbagai pihak.
3. Mengantisipasi setiap perubahan kembali secara merata.
4. Berhubungan dengan efisiensi dan efektivitas.
Keberhasilan Usaha
Keberhasilan usaha atau bisnis suatu perusahaan merupakan keberhasilan perusahaan dalam menghadapi persaingan pasar. Keberhasilan usaha dapat dilihat dari sisi kuantitatif dan sisi kualitatif. Dari sisi kuantitatif umumnya berkaitandengan keuangan atau fiansial seperti paten,reputasi, dan kecepatan pengembangan produk. Kedua kriteria keberhasilan usaha ini sering diperguanakan suatu perusahaan untuk mengetahui perkembangan keberhasilan usaha perusahaan tersebut.
Kriteria keberhasilanusaha dari sisi keuangan atau finansial suatu perusahaan antaralain dapat berupa :
1. Pertumbuhan penjualan (sales growth)
2. Rasio keuntungan dengan modal (return on invested capital)
3. Rasio keuntungan dengan ekuitas (return on equity)
4. Rasio keuntungan dengan asset (return on assets)
5. Rasio keuntungan dengan penjualan(return on sales)
6. Penjualan per karyawan (sales employee)
7. Perputaran persediaan (inventory turnover)
8. Perputaran piutang (account receivable turnover)
9. Rasio utang (debt ratio)
10. Penghematan biaya (cost reduction)
Kriteria keberhasilan usaha dari sisi nonfinansial suatu perusahaan antara lain
1 kepuasaan pelanggan
2 Keluhan pelanggan
3 Retensi pelaggan
4 Pengembalian produk
5 Kualitas atau mutu produk
6 Paten
7 Reputasi
8 Produk baru yang masuk pasar (new product released)
9 Kecepatan pengembangan produk
10 Employee turnover