Selasa, 09 Oktober 2018

Instrument Flight Rules Yang Harus Anda Ketahui

Instrument Flight Rules Yang Harus Anda Ketahui

Instrument Flight Rules 

Dalam Penerbangan Ifr Sangat Lah Dimungkinkan Terjadi Suatu Keadaan Dimana Pilot Tdk Bisa Melihat Keluar Karena Jarak Pandang Yang Minim Setelah Take Off Maupun Akan Landing

Untuk Terbang Tanpa Melihat Keluar Dibutuhkan Panduan Berupa Chart Atau Peta Yg Bernama Ifr Chart, Dalam Chart Ini Ada Rute Yg Hrs Dilalui Dan Ketinggian Minimum Yang Boleh Diterbangi. 

Minimum Sector Altitude

Point Terpenting Sebelum Terbang Yang Dilihat Adalah Msa Nya, Gunanya Adalah Jika Ada Terjadi Saat Take Off.

Contoh Nya Take Off Secara Vfr Tiba Tiba Visibility Memburuk Maka Kita Akan Tahu Setinggi Apa Kita Harus Climb Untuk Menghindari Obstacle , Bgtu Juga Saat Akan Mendarat Pd Jarak Tertentu Visual Tapi Tiba Tiba Visibility Nya Buruk.

Maka Sebelum Berangkat Kita Harus Melihat Di Approach Chart , Di Kolom Ini Kita Dapat Melihat Ketinggian Minimum Dan Radius 25nm / 46km Dari Arp ( Airport Reference Point) Berupa Ndb / Vor Sebagai Titik Pusat

Sector Dalam Radius 25nm Kadang Msa Nya Berbeda, Contoh Bagian Utara Halim Di 2000 Feet Dan Selatan 6900 Feet.

Halim Vor Ada Nya Di Dalam Bandara,Jd Secara Kasar Radius 25nm Dihitung Dari Bandara Halim.

Vor Atau Ndb Bisa Sja Ditempatkan Di Luar Bandara Untuk Menuntun Pendaratan

Msa 1000 Feet Ini Akan Terjamin Bila Setting Qnh Pilot Benar,Jika Tidak Di Rubah Altimeter Seting Nya Maka Akan Terjadi Kesalahan Penunjukan Ketinggian, Karena Ada Perubahan Tekanan Udara